SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA

Yuk, mengenal sistem peredaran darah pada manusia!

Sistem peredaran darah adalah sistem tubuh yang bertangung jawab untuk memompa dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh yang terdiri dari jantung, pembuluh darah, dan sel darah. Dalam tubuh manusia darah mengangkut nutrisi, oksigen, dan zat lain yang diperlukan oleh sel-sel tubuh serta membawa zat-zat yang tidak terpakai ke organ ekskresi untuk dibuang. Zat-zat yang tidak terpakai tersebut dapat berupa karbon dioksida, urin, urea, keringat, dan senyawa-senyawa lainnya yang bersifat racun. Kemudian organ ekskresi pada manusia yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, hati, usus besar, kulit, dan paru-paru.



Kemudian, apa saja sih jenis sistem peredaran darah pada manusia?

Dalam organ tubuh manusia ada 2 jenis sistem peredaran darah yaitu sistem peredaran darah tertutup dan ganda.  Apa sih yang membedakan sistem peredaran darah tertutup dan ganda ?

Sistem peredaran darah tertutup artinya darah hanya mengalir melalui pembuluh darah dalam tubuh. Sedangkan sistem peredaran darah ganda artinya dalam 1 kali peredaran, darah melalui jantung sebanyak 2 kali. Sistem peredaran darah ganda terdiri dari sistem peredaran darah besar dan kecil.


Sistem Peredaran Darah Besar

Sistem peredaran darah besar adalah peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh kecuali jantung. Darah yang kaya oksigen dari bilik kiri jantung, melalui pembuluh nadi tubuh akan diedarkan ke sel-sel tubuh. Disini terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida. Kemudian darah yang kaya karbondioksida melalui pembuluh balik, akan dibawa ke serambi kanan, darah tersebut melalui sistem peredaran darah kecil. Secara ringkas urutan peredaran darah besar yaitu diawali dari bilik kanan, katup, paru-paru, arteri pulmonalis, paru-paru, vena pulmonalis, serambi kiri. 


Sistem Peredaran Darah Kecil

Sistem peredaran darah kecil adalah peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Darah yang kaya karbondioksida dari bilik kanan jantung keluar melalui arteri paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Kemudian darah yang kaya oksigen dibawa ke serambi kiri jantung. Secara ringkas urutan peredaran darah kecil yaitu diawali dari bilik kiri, katup aorta, aorta, seluruh tubuh, vena cava, serambi kanan.


Apakah kalian tahu bagaimana proses terjadinya sistem peredaran darah ganda pada manusia ?

 

Proses terjadinya sistem peredaran darah ganda yaitu pertama melalui sirkuit paru, saat darah dipompa menuju paru-paru dan terjadi pertukaran antara karbon dioksida dan oksigen, darah yang membawa oksigen dibawa ke jantung. Yang kedua melalui sirkuit seluruh tubuh yaitu saat darah sudah mengandung oksigen dipompa ke seluruh tubuh. Pada kapiler-kapiler tubuh, terjadilah pertukaran oksigen dengan karbon dioksida. Karbon dioksida dibawa ke jantung, dan kemudian siklus berulang. Secara ringkas urutan peredaran darah ganda yaitu diawali dari bilik kiri, seluruh tubuh, serambi kanan, bilik kanan, paru-paru, serambi kiri, bilik kiri.


Sumber :

https://www.alodokter.com/ginjal-organ-sistem-ekskresi-pada-manusia-yang-membuang-limbah-metabolisme

http://pak-anang.blogspot.com

https://infomenarik.org/bagaimana-sistem-sirkulasi-darah-dalam-tubuh-manusia-info-menarik

https://roboguru.ruangguru.com/question/urutan-yang-tepat-untuk-peredaran-darah-ganda-pada-manusia-dari-kiri-ke_QU-VX8G6T4J

https://tirto.id/mengenal-sistem-peredaran-darah-tertutup-dan-ganda-pada-manusia-gcet


Penulis : Bu Chika

Editor : Nur Chalifatul Jannah

----

Follow kami untuk dapatkan informasi dan konten-konten pendidikan yang menarik:

Instagram: @duniasausan & @ds_edukasi

Facebook : Dunia Sausan

YouTube : Dunia Sausan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar