6 Cara Menjadi Pengajar / Tentor Idaman

Berkesempatan menjadi seorang pengajar merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi saya. Dan hal yang lebih membahagiakan lagi adalah ketika para siswa dapat memahami penjelasan dari saya juga merasa nyaman dengan cara saya mengajar.

Menjadi pengajar idaman sebenarnya tidaklah sulit.Yang terpenting adalah adanya usaha dan kemauan untuk melakukan yang terbaik. Di sini saya akan mencoba membagikan 6 cara menjadi pengajar idaman siswa berdasarkan pengalaman saya sendiri selama menjadi pengajar.


1. Ramah

Being friendly “ merupakan kunci utama untuk menarik perhatian siswa, terutama ketika hari pertama tatap muka. First impression sangat berpengaruh pada keberlanjutan pembelajaran pada pertemuan-pertemuan berikutnya.

2. Menguasai Materi

Hal yang keduadan yang paling utama adalah seberapa besar seorang pendidik benar-benar menguasai materi. Dengan menguasai materi yang disampaikan maka pendidikakan sangat mudah membantu siswa keluar dari kesulitan belajar mereka.

3. Penyampai yang baik

Sepandai apapun seorang pengajar jika dia tidak mampu menyampaikan materi dengan baik tentu akan sulit membuat siswa memahami materi yang disampaikan. Ketrampilan berbahasa menjadi sebuah senjata utama bagi pengajar untuk menyelesaikan misi pembelajaran.

4. Well Prepared

Menjadi seseorang yang selalu mempersiapkan segalanya sebelum memulai sesuatu pastilah sangat menguntungkan, begitu juga menjadi seorang pendidik. Ketika semua sudah dipersiapkan dengan baik maka akan lebih mudah dalam mengelola kelas dan pembelajaran pun menjadi terarah.

5. Care dan menyenangkan

Memiliki kepribadian yang menyenangkan juga akan sangat berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran. Suasana kelas akan sangat ringan dan nyaman karena kelihaian pengajar dalam menciptakan atmosfer belajar yang nyaman dan menyenangkan. Rasa peduli yang ditunjukkan pengajar kepadasiswa pun berdampak cukup besar demi mengurai permasalahan belajar yang dihadapi siswa. Pengajar yang “Care” pasti bisa mengatur ritme belajar yang sesuai dengan keadaandan kebutuhan siswa.

6. Berwawasan Luas

Pengajar yang berwawasan luas tentunya akan memiliki nilai lebih di mata siswa karena pastinya bisa menjadi tempat bertanya tentang banyak hal yang belum diketahui oleh siswa.


ditulis oleh :
Bu Susi Hirmayanti
Pimpinan LKP Dunia Sausan


Demikian Article di BLOG LKP Dunia Sausan kali ini, semoga bermanfaat.
Bagi teman-teman yangingin bergabung  dengan LKP Dunia Sausan
silahkan hubungi  kontak  di bawah  ini 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar