Tips Orang Tua Dalam Membimbing Anak Belajar di Masa Pandemi


 

Tips Orang Tua Dalam Membimbing Anak Belajar di Masa Pandemi

By: Nita Zuliyawati,  S. Pd

Virus Covid-19 kini berdampak pada sektor pendidikan, bisa dikatakan bahwa sekarang kita telah masuk ke tatanan kehidupan baru. Agar meminimalisir meningkatnya kasus Covid-19, maka diberlakukannya pembelajaran secara daring atau online. Sehingga dibutuhkan peran penting orang tua dalam mendidik anaknya dimasa pandemi ini.

Dalam hal ini orang tua harus memantau dan mampu menjadi guru pendamping bagi anak-anaknya. Agar proses belajar anak tetap berjalan, maka dibutuhkannya kreatifitas orang tua agar anak tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran online.

Salah satu langkah awal yang harus dilakukan sebagai orang tua yaitu perlu untuk membuat jadwal. Baik itu jadwal belajar anak, bermain dengan teman dan berkumpul dengan keluarga. 

Selain itu, berikut cara yang bisa dilakukan oleh orang tua agar buah hati berhasil dalam pembelajaran online:

Komunikasi Antara Orang Tua dan anak

Ketika orang tua berperan sebagai guru, maka ia harus bijak dalam mendidik anak saat kegiatan belajar berlangsung. Anak harus mengkomunikasikan jika dia tidak paham dan merasa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran, agar dapat mencari solusi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Begitu pun orang tua jangan pernah memaksa anak untuk mengikuti kemauan kita agar anak tidak terbebani. Jika dalam proses belajar berlangsung dan anak mengalami kejenuhan maka orang tua harus bersabar dan mencoba untuk menarik perhatian anak. Seperti mengerjakan tugas atau belajar sambil bermain. Dengan begitu anak dapat berkembang dan tidak tertinggal dalam pembelajaran.

Ketersediaan Sarana Belajar

Di beberapa daerah ada banyak kendala yang dialami anak dan orang tua dalam belajar online. Kendala yang paling umum adalah mahalnya paket data internet, sulitnya akses sinyal, listrik yang sering padam dan penguasaan teknologi yang kurang bagi orang tua. Jadi, pekerjaan pertama orang tua untuk anaknya yang belajar online adalah memastikan masalah ini dapat diminimalisir.

Belajar Teknologi Bersama

Salah satu kendala belajar online yang cukup signifikan bagi anak-anak adalah masalah penguasaan teknologi, untuk itu orang tua perlu menjadi pendamping yang baik bagi anak-anaknya. Namun bagaimana jika orang tuanya sendiri yang kurang menguasai teknologi, maka bisa dipastikan anak-anak ikut stres dan terbebani. Nah, dalam hal ini diperlukannya kreatifitas dari orang tua untuk belajar bersama anak. Jangan stres apalagi memarahi anak. Salah satu solisi yang bisa dilakukan adalah dengan bertanya pada orang tua murid lainnya tentang hal-hal yang mungkin membuat orang tua bingung. Intinya orang tua harus kreatif karena anak perlu didorong dan dimotivasi agar tidak bosan dan malas.

Manfaatkan Aplikasi Belajar Online

Bagi orang tua  yang bingung mempelajari materi belajar online, maka bisa memilih menggunakan aneka aplikasi belajar online yang lebih variatif dan menyenangkan. Ada banyak platform belajar online yang memudahkan anak-anak belajar mandiri di rumah dengan dukungan orang tua. Seperti aplikas Zenius, Ruangguru, dan masih banyak lagi.

Mengikuti Bimbingan Belajar (Privat)

Mendaftarkan anak untuk mengikuti bimbel mungkin dapat dijadikan pilihan alternatif bagi orang tua yang memiliki banyak kegiatan diluar rumah, sehingga tidak dapat mendampingi anak dalam belajar online. Namun dikarenakan virus covid-19 ini yang belum juga hilang, tentunya banyak orang tua yang khawatir terhadap anaknya jika harus keluar rumah. Untuk itu orang tua harus berhati-hati dalam memilih bimbel yang akan diikuti oleh anaknya. Maka jika diperlukan untuk mendaftar bimbel pastikan bimbel tersebut menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan yang pemerintah anjurkan. Seperti di LKP Dunia Sausan yang menerapkan protokol kesehatan di setiap pertemuannya, sehingga anak tidak terganggu dalam proses belajar dan orang tua tidak perlu khawatir dengan buah hatinya.

Sekian informasi mengenai tips orang tua dalam mendampingi buah hati belajar online, semoga bisa bermanfaat:)

Stay Healthy!!

"Barang siapa tidak mau merasakan pahitnya belajar, ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya"_(Imam Syafi'i)



Sumber gambar: 

https://www.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar