Cara Mengambil Tindakan di Kelas saat Belajar Bahasa Inggris

 



        Kegiatan belajar mengajar di kelas tidak hanya sekedar pendidik menjelaskan materi kepada peserta didik, melainkan pendidik juga membantu peserta didik dalam memahami materi dan pemerolehan Bahasa Inggris yang efektif. Mengajarkan bahasa baru yang berarti peserta didik belum pernah sama sekali memperoleh bahasa tersebut merupakan tantangan bagi seluruh pendidik bahasa.

           Beruntunglah bagi pendidik yang mempunyai bahasa ibu yang sama dengan peserta didik karena pendidik lebih tahu bagaimana mengatur peserta didik selama pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Hal tersebut juga memudahkan pendidik dalam mengatasi tantangan yang disebutkan diatas dengan tetap menjaga kemampuan Berbahasa Inggris yang dimiliki dan bertanggung jawab tentang penggunaan Bahasa Inggris dengan peserta didik atau dengan kata lain atau tetap menjaga pemilihan kata Bahasa Inggris ketika berbicara dengan peserta didik.

Lalu apa yang perlu dilakukan pendidik dalam menjadikan pembelajaran di kelas lebih efektif?

        Cara yang pertama, yaitu membantu anak memahami, belajar dan berkembang dengan saat proses menjelaskan berlangsung, pendidik dapat menggunakan bahasa ibu dan menyelipkan sedikit demi sedikit Bahasa Inggris pada saat mengawali dan mengakhiri kelas, mengatur peserta didik agar kondusif, menjelaskan apa – apa yang harus mereka lakukan dan melakukan free activity. Selain itu juga pendidik diharuskan untuk selalu merespon pembicaraan yang diawali peserta didik; melakukan pengulangan dan mengkoreksi dari apa yang dibicarakan oleh peserta didik dan mengkoreksi dan memberitahukan bagian mana yang salah dan bagaimana memperbaikinya. Cara yang kedua, adalah memanfaatkan buku pelajaran atau modul kursus sebagai sumber daya. Dan cara terakhir adalah persiapan pelajaran sebelum kelas dimulai seperti mempersiapkan ruang kelas agar tampak nyaman saat pengambilan tindakan, mempersiapkan materi yang akan disampaikan di kelas dengan matang, dan pada saat pengambilan tindakan berlangsung sebaikanya pendidik menyapa supaya komunikasi yang terjalin antaa pendidik dan peserta didik tetap terjaga dengan tidak lupa menggunakan Bahasa Inggris.

 

                                                                                                            By: Verry Handayani




Sumber: English For Primary Teachers by Mary Slattery & Jane Willis 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar