Kegiatan belajar mengajar di kelas tidak hanya sekedar pendidik
menjelaskan materi kepada peserta didik, melainkan pendidik juga membantu
peserta didik dalam memahami materi dan pemerolehan Bahasa Inggris yang
efektif. Mengajarkan bahasa baru yang berarti peserta didik belum pernah sama
sekali memperoleh bahasa tersebut merupakan tantangan bagi seluruh pendidik
bahasa.
Beruntunglah bagi pendidik yang mempunyai bahasa ibu yang sama
dengan peserta didik karena pendidik lebih tahu bagaimana mengatur peserta
didik selama pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Hal tersebut juga memudahkan
pendidik dalam mengatasi tantangan yang disebutkan diatas dengan tetap menjaga
kemampuan Berbahasa Inggris yang dimiliki dan bertanggung jawab tentang
penggunaan Bahasa Inggris dengan peserta didik atau dengan kata lain atau tetap
menjaga pemilihan kata Bahasa Inggris ketika berbicara dengan peserta didik.
Lalu apa yang perlu dilakukan pendidik dalam menjadikan pembelajaran
di kelas lebih efektif?
Cara yang pertama, yaitu membantu anak memahami, belajar dan
berkembang dengan saat proses menjelaskan berlangsung, pendidik dapat
menggunakan bahasa ibu dan menyelipkan sedikit demi sedikit Bahasa Inggris pada
saat mengawali dan mengakhiri kelas, mengatur peserta didik agar kondusif,
menjelaskan apa – apa yang harus mereka lakukan dan melakukan free activity.
Selain itu juga pendidik diharuskan untuk selalu merespon pembicaraan yang
diawali peserta didik; melakukan pengulangan dan mengkoreksi dari apa yang
dibicarakan oleh peserta didik dan mengkoreksi dan memberitahukan bagian mana
yang salah dan bagaimana memperbaikinya. Cara yang kedua, adalah memanfaatkan
buku pelajaran atau modul kursus sebagai sumber daya. Dan cara terakhir adalah
persiapan pelajaran sebelum kelas dimulai seperti mempersiapkan ruang kelas
agar tampak nyaman saat pengambilan tindakan, mempersiapkan materi yang akan
disampaikan di kelas dengan matang, dan pada saat pengambilan tindakan
berlangsung sebaikanya pendidik menyapa supaya komunikasi yang terjalin antaa
pendidik dan peserta didik tetap terjaga dengan tidak lupa menggunakan Bahasa Inggris.
By: Verry Handayani
Sumber: English For Primary Teachers by Mary Slattery & Jane Willis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar