Haumea si Planet Unik

Artikel ini membahas salah satu planet unik yang pernah ada. Yuk simak penjelasannya berikut!

Jika kamu ditanya, apa bentuk dari planet di tata surya? Kalian pasti menjawab bulat kan?? Kenalin nih  Haumea, planet kerdil berbentuk lonjong seperti telur. Iya, kalian tidak salah baca planet Haumea bentuknya lonjong seperti telur. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Gambar 1. Planet Haumea (Sumber: https://nationalgeographic.grid.id)

Kalau biasanya kita melihat planet di sistem tata surya yang meliputi Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Saturnus, Uranus, dan Neptunus memiliki bentuk bulat, Haumea memiliki bentuk lonjong berbeda dari planet yang sudah kita kenal. Planet Haumea pertama kali ditemukan pada tahun 2004 oleh tim astronom Mike Brown di Observatorium Palomar, Amerika Serikat. Haumea termasuk planet kerdil karena ukurannya hampir sama dengan  planet Pluto. Planet Haumea terletak di Sabuk Kuiper yang berada di luar orbit planet terluar Neptunus. 

Sebelum secara resmi diberi nama Haumea, planet ini dijuluki sebagai 'Santa'. Alasannya karena ia ditemukan tak lama setelah hari Natal.

Haumea memiliki keunikan lain selain bentuknya yang lonjong, ia berputar pada porosnya hanya dalam waktu empat jam saja. Permukaannya sebagian besar terbuat dari es air. 

Haumea juga punya satelit lho, masih ingat apa itu satelit? Satelit adalah benda langit kecil yang mengitari suatu planet. Nah, Haumea ini memiliki dua planet yang mengitarinya.

Sumber: 

https://nationalgeographic.grid.id/read/133528634/nasa-mempelajari-asal-usul-planet-kerdil-haumea-dan-keluarganya?page=all

https://www.idntimes.com/science/discovery/sherly-mistiani/9-fakta-menarik-planet-katai-haumea-el61-exp-c1c2

https://bobo.grid.id/read/08681290/haumea-planet-kerdil-berbentuk-seperti-telur


Penulis : Reefa Qudsiya, S.Pd.

Editor : Nur Chalifatul Jannah

----

Follow kami untuk dapatkan informasi dan konten-konten pendidikan yang menarik:
Instagram: @duniasausan & @ds_edukasi
Facebook : Dunia Sausan
YouTube : Dunia Sausan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar