Mengenal Empat Musim Negara Subtropis


Artikel ini membahas mengenai empat musim yang ada di negara subtropis. Simak Penjelasannya berikut!

Apakah kalian sudah mengenal apa itu musim? Benar sekali, musim adalah suatu peristiwa yang terjadi di bumi yang berkaitan dengan keadaan iklim serta berubah dalam jangka waktu yang sudah ditentukan dalam setahunLalu apa jadinya jika selama kita hidup hanya merasakan satu musim saja? Pasti kurang seru bukan? Oleh karena itu, Tuhan menciptakan beberapa musim di bumi tempat kita tinggal. Perlu kita ketahui bahwa bumi memiliki enam musim yang siklus pergantian atau pembagian setiap beberapa bulan sekali. Enam musim tersebut masih dibagi lagi menjadi dua musim di daerah iklim tropis dan empat musim di daerah iklim subtropis.

        Negara dengan iklim tropis hanya akan merasakan dua musim saja, yang mana salah satu negara tersebut adalah Indonesia. Di negara kita hanya memiliki dua musim saja yaitu musim kemarau dan musim hujan. Berbeda dengan Indonesia, negara yang beriklim subtropis akan mengalami empat pergantian musim. Salah satu negara subtropis adalah negara-negara yang ada di benua Eropa. Keempat musim tersebut adalah musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Lebih lanjut lagi, yuk simak penjelasan dari masing-masing musim yang ada di negara beriklim subtropis dibawah ini.


Musim Semi

Gambar 1. Musim Semi (Sumber: www.freepik.com)

        Musim semi terjadi setelah berakhirnya musim dingin. Cuaca terasa lebih hangat karena akan tiba musim panas. Musim semi ini adalah musim yang paling nyaman sepanjang tahun. Pada saat musim semi terjadi, tumbuh-tumbuhan akan segera tumbuh subur kembali. Karena hal ini, maka musim semi juga dikenal dengan sebutan “musim bunga”. Musim semi juga dikenal sebagai musim bangunnya para hewan setelah melakukan hibernasi selama musim dingin berlangsung. Dengan hadirnya musim semi, para hewan akan merasa seperti merasakan kehangatan yang baru setelah musim dingin. Di belahan utara bumi, musim semi dimulai sekitar tanggal 21 maret hingga 21 juni. Sementara itu di belahan selatan bumi, musim semi dimulai sekitar tanggal 23 september hingga 21 desember.

Musim Panas

Gambar 2. Musim Panas (Sumber: www.freepik.com)

        Setelah musim semi selesai, bergantilah dengan musim panas. Pada musim ini, cuaca terasa cukup panas sehingga rata-rata sekolah meliburkan siswa-siswanya. Alasannya karena orang-orang akan berlibur dipantai untuk berenang dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Seperti musim semi, belahan bumi bagian utara dan selatan mengalami perbedaan waktu terjadinya musim panas. Di belahan bumi bagian utara musim panas terjadi pada tanggal 21 juni sampai dengan 23 September. Sementara itu, di belahan bumi bagian selatan musim panas terjadi pada tanggal 21 Desember sampai dengan 21 Maret.

Musim Gugur

Gambar 3. Musim Gugur (Sumber: www.freepik.com)

Musim panas telah usai, maka musim berganti menjadi musim gugur. Sama seperti namanya, pada musim ini banyak tumbuhan yang berguguran. Beberapa binatang juga mulai menyimpan makanan untuk persediaan saat musim dingin nanti. Musim gugur yang terjadi di belahan bumi bagian utara terjadi pada tanggal 23 September sampai dengan 21 Desember. Sedangkan musim gugur yang terjadi di belahan bumi bagian selatan terjadi pada tanggal 21 Maret sampai pada tanggal 21 Juni.

Musim Dingin

Gambar 4. Musim Dingin (Sumber: www.freepik.com)

        Musim dingin terjadi setelah musim gugur. Pada musim ini, cuaca menjadi sangat dingin dan orang-orang harus memakai pakaian yang tebal agar tetap hangat. Saat musim dingin, salju-salju akan turun sehingga musim dingin pada daerah beriklim subtropis dikenal dengan sebutan “musim salju”. Musim dingin yang terjadi pada belahan bumi bagian utara terjadi mulai terjadi pada tanggal 21 Desember sampai 21 Maret. Sedangkan, di belahan bumi bagian selatan, musim dingin akan terjadi pada tanggal 21 Juni sampai 23 September. Selain itu, di beberapa negara, suhu pada saat musim dingin bisa di bawah 0 derajat celcius.


Referensi :

https://www.jagoanbahasainggris.com/2017/03/berbagai-jenis-musim-season-dalam-bahasa-inggris.html

https://www.gramedia.com/literasi/musim/


Penulis : Aenun Arofah

Editor : Nur Chalifatul Jannah

----

Follow kami untuk dapatkan informasi dan konten-konten pendidikan yang menarik:
Instagram: @duniasausan & @ds_edukasi
Facebook : Dunia Sausan
YouTube : Dunia Sausan
Website : www.duniasausan.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar