Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menghadapi UJian Nasional?



Hi teman-teman, Ujian Nasional sebentar lagi ada di depan mata lho, jangan terlarut dalam kesenangan libur semester ya! Yuk persiapkan diri sedini mungkin untuk menghadapi ujian Nasional. Nah apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk intip tips dari LKP Dunia Sausan ini ya...




1. Fokus, Tenangkan pikiran

Kenapa menenangkan pikiran itu perlu? Dikarenakan dalam menghadapi Ujian Nasional diperlukan kesiapan mental. salah satu cara untuk menenangkan pikiran adalah santai namun tetap fokus dalam belajar mempersiapkan Ujian Nasional sehingga nantinya saat ujian Nasional kita tidak grogi dan bingung mengerjakan soal.


2. Mulai menjaga stamina dan jam tidur yang sehat.

Jangan sampai dalam menghadapi ujian Nasional tahun ini teman- teman semua mati-matian belajar sampai larut malam, tanpa memperhatikan kesehatan dan pola tidur yang cukup. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus, dikhawatirkan nantinya saat bertarung menghadapi Ujian Nasional badan akan drop dan tidak maksimal mengerjakan soal. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah biasakan makan makanan 4 sehat lima sempurna, perbanyak minum air putih, dan disiplin dalam jam tidur yakni 7-8 jam sehari.


3. Mengatur waktu secara efektif

Karena berada di kelas ujung yang tentunya dituntut untuk menyediakan waktu lebih untuk belajar tak lantas mengharuskan teman-teman untuk belajar selama 24 jam. Aturlah waktu sebijak mungkin sesuai porsi masing-masing. Hanya saja porsi untuk hiburan seperti bermain gadget harus benar-benar dibatasi. Jika tidak dibatasi, akan dikhawatirkan akan membuat teman-teman lupa akan kewajiban nya yakni belajar. Intinya jangan sampai membuang waktu sia-sia, karena teman-teman hanya mempunyai satu kali kesempatan untuk  menghadapi Ujian Nasional tingkat SMA. Maka dari itu persiapkanlah dengan sangat matang.

4. Perbanyak Latihan Soal

Dalam pementasan selalu ada gladi  resik. Sama halnya dengan gladi resik,  yuk berlatihlah sesering mungkin untuk berperang melawan Ujian Nasional ini. Cara  berlatihnya bagaimana ? Berlatihlah dengan mengerjakan soal soal setipe ujian Nasional. Mengerjakan soal pun  dapat dilakukan secara pribadi ataupun bersama dengan LKP Dunia Sausan. Jika teman teman berminat untuk bergabung bersama LKP Dunia Sausan,  maka teman-teman Tentor  LKP Dunia Sausan akan selalu sipa untuk  membantu teman-teman dengan menyediakan soal soal latihan Ujian Nasional dan selalu siap menerangkan nya sejelas mungkin kepada para siswanya.

5. Ikutlah TryOut

Karena gladi resik itu penting, Try out juga sangat penting. Try Out akan membantu teman-teman semua untuk mengukur sampai mana persiapan teman teman semua. Banyak sekali lembaga yang mengadakan Try Out, dan LKP Dunia Sausan juga selalu mengadakan Try Out yang sangat membantu untuk mensupport dalam kesiapan ujian Nasional teman-teman. So... Jangan lupa join di tahun ini ya...

 6.  Perbanyak berdoa dan mendekatkan diri kepada yang mahakuasa

Walaupun ujian nasional sekarang tidak lagi digunakan sebagai penentu kelulusan, namun Nilai dari Ujian Nasional masih dipakai untuk masuk perguruan tinggi. Sehingga tidak ada salahnya kita berusaha untuk mendapatkan nilai yang maksimal. Setelah berbagai usaha yang kita lakukan dalam berusaha mendapatkan nilai yang maksimal, maka step yang terakhir yang harus dilakukan adalah bertawakal kepada Allah dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah.


Penulis :
Muzda
Tentor LKP Dunia Sausan.


Demikian Article di BLOG LKP Dunia Sausan kali ini, semoga bermanfaat.
Bagi teman-teman yangingin bergabung  dengan LKP Dunia Sausan
silahkan hubungi  kontak  di bawah  ini 


1 komentar: