3 Gerakan Senam Otak Sederhana untuk Melatih Kreativitas



Olahraga senam tidak hanya bisa menjadikan tubuh kamu lebih sehat, tapi juga bisa bermanfaat untuk membantu meningkatkan kreativitas loh. Wah, gimana tuh? Caranya lewat senam otak, GenK. Yuk simak beberapa gerakan sederhananya di bawah ini. 
Ingatkah kamu saat dulu masih duduk di bangku sekolah dan setiap hari Jumat pagi biasanya ada agenda yang rutin dilaksanakan sebelum mulai kelas. Hayo ada yang ingat gakYap, jawabannya adalah senam. Siapa sih yang tidak pernah melakukan aktivitas olahraga yang satu ini?
Irama musik yang syahdu bergema di seluruh penjuru sekolah dengan seorang instruktur berdiri di depan kerumunan untuk menunjukan gerakan senam. Seluruh tubuh pun ikut bergerak, dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, mulai sesi pemanasan, hingga bagian pendinginan. 
Nah, senam memang jadi salah satu pilihan olah tubuh yang paling asyik dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Dari anak-anak sampai orang tua, semua bisa turut serta menjadi lebih sehat dengan olahraga yang menyenangkan ini. Nah, senam bukan hanya bisa bikin badan terasa lebih bugar, tapi juga punya manfaat yang baik untuk otakmu, GenK. 
Nama senam khusus tersebut adalah senam otak. Fungsinya tentu saja jadi sebagai olahraga yang bisa menyegarkan dan menyehatkan otakmu. Kali ini kami akan bagikan kamu tutorial gerakan senam otak yang bisa bikin kamu jadi semakin kreatif, GenK. Cus disimak! 

Sejuta Manfaat Senam Otak 

Senam otak merupakan salah satu metode yang paling tepat untuk membantu meningkatkan daya kerja otak serta bisa bikin kamu lebih mudah fokus, GenK. 
Berbeda dengan senam biasa yang mengharuskan kamu untuk menggunakan seluruh anggota tubuh, senam otak atau brain gym dapat dilakukan dengan gerakan tangan sederhana. 
Menurut pakar dari movementbasedlearning.comaktivitas gym brain bisa memberikan stimulasi dan melancarkan peredaran darah ke otak, sampai mampu menguatkan daya ingat kamu loh. Wah, keren banget kan. 
Nah, brain gym sendiri pada awalnya diciptakan oleh pasangan suami-istri Paul dan Gail Dennison untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar anak-anak dengan menggunakan prinsip neuroscience
Tapi dalam perkembangannya, senam otak dapat dilakukan oleh siapa saja dari usia anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang lanjut usia. Sejuta manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas yang satu ini memang bisa berguna buat semua orang.  
Khusus buat kamu anak kreatif yangs sering dipusingkan saat sedang mencari ide, atau bahkan terkena art block, yuk langsung disimak aja beberapa gerakan senam otak simpel yang bisa kamu praktikan dengan mudah berikut. 
1. Gerakan Menyilang 
 
Gerakan senam otak pertama ini bisa dengan mudah dilakukan, baik duduk atau dengan berdiri. Caranya adalah dengan menggerakan lutut kananmu ke atas secara perlahan, lalu gunakan siku tangan kirimu untuk menyentuh lutut kanan. Begitu pula dengan lutut kiri, angkat perlahan ke atas dan sentuh menggunakan siku kananmu. 

Jika kamu mengalami kesulitan saat menggunakan siku untuk menyentuh lutut, gak perlu khawatir. Alternatif yang bisa kamu coba lainnya adalah dengan menggunakan tangan. Ulangi gerakan menyilang ini selama 1-2 menit.
Tujuan dari aktivitas yang satu ini adalah melatih komunikasi antara otak kanan dan otak kirimu dengan metode koordinasi antara bagian tubuh. Nah, gerakan ini bisa membantu meningkatkan kemampuan critical thinkingproblem solvingauditory, dan masih banyak lagi, GenK. Mantap kan! 
2. Angka Delapan 



Kalau gerakan senam otak yang berikutnya bisa berfungsi untuk meningkatkan fleksibilitas kamu dalam menggunakan kedua belahan otak secara seimbang. Aktivitas ini bisa kamu lakukan saat duduk maupun berdiri, GenK. 
Jika sedang dalam posisi duduk, gambarlah ∞ atau angka 8 di atas secarik kertas. Gambarlah mulai dari titik pusat angka lalu buatlah lingkaran kanan dan kiri secara terus menerus sampai membentuk angka delapan. 
Lakukanlah aktivitas ini dengan memakai tangan kamu yang paling dominan selama 30 detik, lalu ganti dengan tangan yang satunya lagi. Misalnya kalau kamu adalah seorang kidal, gambarlah ∞ dengan tangan kiri terlebih dahulu, lalu ganti dengan tangan kanan. 
Pada awalnya, kamu pasti akan merasa kesulitan saat menggambar dengan menggunakan tangan yang jarang kamu gunakan. Ini dia inti dari gerakan menulis tersebut, GenK. Otakmu akan dilatih supaya lebih fleksibel dalam melakukan gerakan motoris yang bisa menyeimbangkan kedua belahan otak. 

3. Sinkronisasi Jari 

Senam otak dengan menyinkronkan jari adalah contoh gerakan super praktis dan mudah dilakukan di mana saja, GenK. Mau lagi berdiri, duduk, telungkup, terentang, terbalik, sampai tidur sekalipun, cukup pakai tangan aja
Nah caranya adalah dengan mengepal kedua telapak tanganmu, lalu gerakan ibu jari kiri bersamaan dengan jari kelingking kanan, tanpa menggerakan jari yang lainnya. Ulangi gerakan yang sama dengan ibu jari kanan dan jari kelingking kiri. 
Cobalah secara perlahan terlebih dahulu, lalu tingkatkan kecepatannya sampai benar-benar bisa sinkron antara jempol dan jari kelingking. Kalau kamu masih kesulitan, jangan menyerah yah
Kegiatan ini mudah, tapi efektif banget untuk melatih otak kanan dan kiri kamu supaya bisa seimbang loh. Praktiknya pun praktis dan bisa dilakukan di mana aja. Sambil menunggu makanan datang di restoran, dalam perjalanan pulang di kereta, atau di atas motor, senam otak cukup pakai tangan dengan gerakan ini. 
Demikian tadi beberapa gerakan senam otak yang bisa kamu coba untuk melatih otak kanan dan kirimu supaya bisa berfungsi dengan lebih optimal. Ide kreatif bisa lancar mengalir tanpa batas.

Editor = Ervina Marthalya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar