BIOGRAFI NADIEM MAKARIM



            Lahir di Singapura tanggal 4 Juli 1984, Nadiem Makarim merupakan anak ketiga yang terlahir dari pasangan Nono Anwar Makarim yang berasal dari Pekalongan dan Atika Algadrie berasal dari Pasuruhan. Mempunyai dua saudara perempuan dan mempunyai istri yang dinikahinya pada tahun 2014 bernama Franka Franklin. Nadiem menempuh pendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Indonesia, lalu melanjutkan jenjang sekolah menengah atas (SMA) di Singapura. Lulus SMA ia melanjutkan pendidikannya di Brown University Amerika Serikat mengambil jurusan Internasional Relations dan selama 2 tahun juga ia mengikuti program foreign exchange di London School of Economic. Setelahnya ia melanjutkan di Harvard Business School, Harvard University dan lulus dengan gelar MBA.
                Berbekal ijazahnya ia kembali ke Indonesia dan bekerja selama 3 tahun sebagai konsultan bertaraf internasional di McKinsey&Company di Jakarta. Kemudian pindah ke Zalora Indonesia sebagai Co-founder dan Managing Editor selama setahun. Setelah itu ia pindah lagi di perusahaan Kartu ku layanan pembayaran non tunai pada tahun 2013-2014 dan menjabat sebagai Chief Innovation Officer.
                    Pada tahun 2010 ia mulai mendirikan GOJEK yang berawal dari cerita kesehariannya yang selalu menggunakan ojek untuk pergi ke kantor. Ia pun mencoba membuat inovasi baru antara teknologi dan ojek. Gojek pun sekarang menjadi transportasi umum gaya baru yang menarik perhatian masyarakat karena kemudahan akses yang ditawarkan. Meskipun mengundang kontroversi terutama bagi pekerja ojek konvensional namun transportasi ini tetap disambut baik oleh masyarakat. Bahkan berdasarkan informasi dari kompas.com, gojek telah merambat ke sejumlah negara di Asia Tenggara yaitu Vietnam, Singapura dan Thailand.
                    Nadiem mempunyai kedekatan dengan presiden Jokowi berawal dari undangan yang ia berikan  kepada Jokowi dalam beberapa acara gojek. Bahkan pada saat peluncuran Viet-nama layanan gojek di Vietnam, Jokowi beserta beberapa menterinya datang menghadiri acara tersebut. Selain itu ia juga pernah mendampingi Jokowi ke Silicon Valley, Amerika Serikat pada tahun 2015 dengan beberapa pendiri perusahaan lainnya yaitu pendiri Tokopedia (Wiliam Tanudjaya), pendiri Traveloka (Ferry Unardi) dan pendiri Kaskus (Andrew Darwis).
Sekarang Nadiem Makarim resmi menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) di Kabinet Indonesia Maju bentukan dari presiden Jokowi dan wakil presiden Ma'ruf Amin. Jokowi menunjuk Nadiem dengan alasan bahwa Indonesia perlu orang yang mengerti betul mengenai pengelolaan dan penggunaan internet of Thing (loT), artifical Intelligence hingga big data. Selain itu Indonesia juga perlu orang yang mengerti bagaimana cara mengimplementasikan inovasi yang ada dan berani keluar dari kotak, berani out of the box, berani tidak rutinitas, berani tidak monoton sehingga memunculkan sebuah loncatan-loncatan yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar