PENTINGNYA MEMAHAMI KARAKTER DIRI


     

          Apa sih Karakter Diri ??? Karakter diri adalah sebuah sikap, perilaku, dan kebiasaan seseorang yang sudah melekat ada diri seseorang. Karakter  diri memiliki dua jenis yakni baik dan buruk. Karakter diri dibentuk sejak kecil, jika seseorang memiliki karakter diri yang baik ia akan selalu berusaha baik dan terus memperbaiki. Namun jika sebaliknya, maka diri tersebut tidak memiliki acuan untuk menjadi lebih baik lagi. Pentingnya karakter diri artinya memahami diri sendiri agar selalu bisa berusaha menjadi pribadi yang optimal disetiap harinya.

 Lalu bagaimana cara mengenali diri sendiri?? Ada 4 cara yakni :

1. Tanya orang tua

      Coba kalian tanyakan kepada orang tua kalian tentang karakter atau sifat kalian seperti apa, lalu kalian tipe orang seperti apa pasti orang tua kalian lebih tau dari pada orang lain.

2. Lihat Lingkungan Pertemanan

        Mengapa kita harus melihat dari segi pertemanan kak??. Karena kalian berteman juga mempengaruhi bagaimana karakter kalian. Seandainya nih yaa, kalian berteman dengan orang-orang yang malas pasti kalian akan ikut-ikutan malas, tetapi kalo kalian berteman dengan orang-orang yang rajin pasti kalian akan terbawa dengan kondisi teman-teman kalian.

3. Lihat apa yang kamu baca dan kamu tulis.

     Hal ini sangat berpengaruh besar dalam memahami karakter diri kamu. Kenapa ?? Semakin sering kalian membaca hal-hal baik semakin baik pula hal baik yang masuk dalam diri kalian, dan begitu pula sebaliknya.

4. Evaluasi kebiasaanmu setiap hari sebelum tidur.

      Ini hal yang sering di tinggalkan, dan sangat di abaikan. Karena kita sudah lelah seharian dengan pekerjaan, tugas, kegiatan, dll. Tetapi diusahakan kita harus selalu mengevaluasi hal-hal apa yang telah kita lakukan hari ini, agar hari esok kita bisa lebih baik lagi.




            Di dunia ini ada 2 tipe manusia berdasarkan cara pemikirannya yang pertama adalah  Fixed Mindset yakni seseorang yang menerima apa adanya. Dan yang kedua Growth Mindset yakni seseorang yang sadar akan dirinya tetapi ada kemauan untuk merubah.

            Fixed Mindset ini adalah tipe orang yang bisa di sebut dia itu pasrah dengan takdir, dia selalu menerima takdirnya, tidak mau berusaha untuk melakukan lebih pada dirinya. Kurang percaya pada dirinya sendiri. Tipe-tipe orang seperti ini harus butuh dukungan dan support agar ia mau mengembangkan potensi yang berada dalam dirinya.

            Growth Mindset ini adalah tipe seseorang yang pemberontak, dia sadar akan dirinya seperti apa namun dia masih berusaha untuk menjadi hal yang lebih dari biasanya. Walaupun susah, dan harus di lakukan secara konsisten tetapi nikmati aja semuanya. Semua akan indah pada waktunya.

Penulis dan Editor: Febriana Puspita Sari
Materi : Seminar Online Hilang Arah 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar