Malas Belajar? Ini Solusinya




Tugas utama seorang pelajar adalah belajar dengan manfaat memperoleh pengetahuan, pengalaman serta kompetensi. Belajar akan membuka cakrawala berpikir dari seorang pelajar. Namun bukan rahasia lagi jika kadangkala muncul perasaan atau sikap dalam diri seseorang yang merasa enggan belajar atau dengan kata lain merasa malas belajar. Sikap malas belajar juga biasanya dipicu dengan keberadaan smartphone yang bisa digunakan untuk mengakses internet, social media dan berbagai fitur lainnya, sehingga pengguna/pemakainya bisa merasa betah menggunakannya berjam-jam dan mengesampingkan belajar.

Akhirnya,  kebiasaan dalam menggunakan smartphone membuat seseorang menjadi menurunkan semangat, minatnya untuk belajar. Jika kondisi demikian sudah terjadi maka bisa menimbulkan beberapa dampak negatif tersendiri bagi orang tersebut.

Lantas hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi perasaan, sikap malas belajar pada seseorang, berikut ulasannya:

1. Membuat jadwal belajar

Cara pertama adalah membuat jadwal belajar yang bisa meliputi waktu bermain dan waktu belajar. Mintalah bantuan orangtua untuk selalu mengawasi kita dalam pelaksanaan jadwal ini. Apabila mulai bosan dan malas belajar sesuai jadwal , orangtua harus tegas dan menganjurkan anak melaksanakan sesuai ajdwal. Hal ini perlu diterapkan perlahan dan terus menerus agar terbiasa.

2. Menyesuaikan suasana belajar yang diinginkan

Buatlah suasana belajar yang bervariasi agar tidak cepat bosan. Sekali-kali gunakan juga metode belajar yang berbeda. Tidak hanya membaca atau menulis saja, missal melalui tontonan edukatif dan belajar menirukan. Modifikasilah tempat belajar sesuai dengan suasana dan keinginan hati agar tercipta lingkungan belajar yang menyenangkan.

3. Memberi batas waktu belajar

Pada umumnya anak malas belajar karena menganggap aktivitas belajar itu membosankan dan lama. Maka buatlah batas waktu belajar yaitu tidak terlalu lama asalkan apa yang dipelajari sudah dilakukan.

4. Membangun kualitas pergaulan

Dalam hal ini sangat berpengaruh dalam mengembangkan diri pada arah yang positif. Ini akan mempengaruhi kegiatanmu untuk menentukan dan membagi waktu antara belajar dan bergaul.

5. Kurangi menggunakan smartphone

Kids zaman now adalah sebutan untuk anak zaman sekarang yang sudah memasuki zaman milenial. Dimana teknologi hamper menyentuh seluruh aspek kegiatan manusia, salah satu perangkat teknologi yang erat dengan kehidupan setiap orang adalah smartphone/HP. Keberadaan HP bagi setiap orang bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer. Anak zaman sekarang bisa dikatakan tidak bisa hidup tanpa HP. Karena semua aktivitasnya tidak bisa jauh ataupun lepas dari HP.

Oleh karena itu seorang pelajar harus bijak dalam menggunakan smartphone, jika digunakan dengan baik smartphone bisa menjadi media/sumber dalam belajar sehingga akan lebih membantu siswa menjadi lebih berkomptensi.

Demikianlah tips mengatasi malas belajar pada seorang pelajar. Ketahuilah semua berawal dari diri anda masing-masing. Jika anda berkeinginan kuat untuk mencapai tujuan maka anda akan lebih giat lagi dalam belajar. Bangunlah niat dan tekad yang kuat dari dalam diri anda mulai dari sekarang agar apa yang anda citakan dapat tercapai.

Ditulis oleh : Wahyu Desy Windiyana Sari, S.Pd.
Tentor LKP Dunia Sausan



Bagi teman-teman yang ingin bergabung  dengan LKP Dunia Sausan, silahkan hubungi  kontak  di bawah  ini :


atau langsung Chat saja ya...di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar