TIPS CANTIK MENGAJARKAN AKSARA JAWA KE ANAK DIDIK

Hai gaess.. ada yang sering mengalami kesulitan saat mengajarkan aksara jawa?sering ribet sendiri klo ngajarin adeknya hanacaraka?nah..ini nih saya punya tips belajar dan mengajatkan aksara jawa
 
1. Klo kamu seorang pendidik dan harus mengajarkan aksara jawa padahal kamu sendiri belum hafal, simple aja! Tiap hari usahain kamu nulis 20 aksara jawa minimal 3× aksara  dalam 1 hari.Tulis di 1 buku kosong. Sebagai permulaan, kamu boleh lihat Buku Pepak Bahasa Jawa.


2.Hari berikutnya, lanjutkan lagi menulis 20 aksara jawa seperti hari sebelumnya. Gak perlu langsung sama aksara pasangannya, kamu tuliskan saja aksara jawanya. Dari ha-nya tanpa pasangannya.
3. Di hari ketiga mulailah untuk tidak melihat catatan/Buku Pepak Bahasa Jawa.

4. Lakukan langkah 1 dan 2 minimal 1 minggu. Jika dalam 1 minggu kamu benar-benar fokus dan serius pengen bisa, pasti di hari ke 6 biasanya kamu uda gak perlu lagi lihat catatan.

5. Jika dalam 1 minggu kamu sudah bisa menulis aksara ha-nya tanpa melihat catatan, mulailah dengan menambah pasangannya. Tentu saja di hari pertama dan kedua kamu masih boleh melihat catatan atau Buku Pepak Bahasa Jawa.hihihi...Hari ketiga dan seterusnya cobalah untuk tidak melihat catatan atau Buku Pepak Bahasa Jawa.



6. Coba gaess tiap hari tuliskan aksara jawa dan pasangannya minimal 3 kali..lihat hasilnya di hari ke-6. Kamu uda gak perlu lihat catatan atau Buku Pepak Bahasa Jawa!

7. begitu juga dengan aksara Murda, angka dan penggunaan tanda baca. Coba tuliskan dalam waktu 1 minggu dengan setiap harinya minimal 3 kali menulis.

                   Nah kalo uda hafal masing-masing fungsinya...coba tuliskan kata-kata menggunakan aksara jawa. Mulai dari yang simpel-simpel aja dulu..tingkatkan menaikkan level kesulitan dari hari ke hari...kalau kamu mau bikin anak didikmu bisa nulis aksara jawa...ini ada beberapa tipsnya:

1. Tuliskan aksara jawa di kertas kecil, 2 aksara cukup.



2. Mintalah anak untuk menuliskan nama aksara tersebut di kertas sebaliknya. Awalnya perbolehkan mereka melihat  buku catatan atau Buku Pepak Bahasa Jawa.




3. Lakukan selama satu minggu, acak aksara jawa yang dituliskan.  Mulai dari aksara jawa tanpa pasangannya dulu.

4. Oh iya, usahakan dihari ke 5 anak tidak perlu melihat catatan atau Buku Pepak Bahasa Jawa. Jika sudah mulai lancar, mulailah mengacak aksara jawa dan pasangannya.

5. Lakukan langkah ini sampai anak lancar menuliskan nama aksara jawa dan pasangannya tersebut. Jika sudah lancar, berikan kertas nama aksara jawa dan pasangannya lalu mintalah anak menuliskan aksara jawanya.

6. Lakukan sampai anak benar-benar lancar menuliskan nama aksara jawa dan aksaranya.

Jangan lupa untuk tetap sabar ya gaess...karena anak-anak kita juga perlu proses dan waktu ketika mempelajari apapun, termasuk aksara jawa. Jadi semangatin mereka biar mereka juga selalu tertantang untuk belajar.salam hebat! ^__^


ditulis oleh : Bu Nia
Tentor LKP Dunia Sausan



Bagi teman-teman yang ingin bergabung  dengan LKP Dunia Sausan, silahkan hubungi kontak  di bawah  ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar