Kiat Sukses Mengerjakan Soal Kimia


 Kali ini kita akan membahas kiat-kiat mengerjakan soal kimia. Kira-kira bagaimana caranya, Ya? Yuk, simak penjelasan berikut!
---

Kimia adalah salah satu materi dalam rumpun ilmu pengetahuan alam. Materi kimia seringkali menjadi momok bagi siswa SMA mulai dari kelas X, XI, XII. Meskipun begitu, materi ini sangat mempengaruhi bila siswa tersebut memilih jurusan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam. Oleh karena itu, Kami memberikan solusi berupa kiat sukses mengerjakan soal kimia.

Pemahaman Dasar

Sebelum mempelajari atau mengerjakan sesuatu, pahami dahulu dasar suatu sistemnya. Begitu juga untuk sukses mengerjakan soal kimia, kita dituntut untuk paham materi dasarnya. Bagaimana mempelajari materi dasarnya ?

Mencoba melihat/memahami soal soal kimia dari awal. Bagaimana jika sudah kelas XII dan kurang waktu ? Carilah soal-soal mulai dari yang berkaitan dengan SBMPTN atau soal-soal dari ujian mandiri miliki kampus-kampus ternama. Dari situlah pahami pola soalnya dan belajar melalui kunci jawaban.

Mulai Berlatih

Tidak ada orang yang mahir dalam segala hal tanpa berlatih. Begitu pula untuk menjadi paham dalam menyelesaikan soal kimia. Perlu berlatih lebih banyak soal-soal.

Paham Kisi-Kisi

Memahami kisi-kisi dengan baik akan memberikan peluang lebih besar dalam menyelesaikan soal kimia. Pahami kisi-kisi dapat dengan mengetahui materi apa saja yang diajarkan guru selama satu semester. Dengan pemahaman tersebut maka konsepnya dapat dipahami dengan mudah.

Berlatih Soal-Soal

Untuk lebih paham dengan soal-soal kimia. Tentunya harus disertai latihan yang lebih ketat. Kimia membutuhkan hafalan layaknya biologi, namun tidak sebanyak biologi. Kimia juga menggunakan hitung-hitungan layaknya fisika, tapi tidak sebanyak fisika. Karena sifatnya yang di antara fisika dan biologi, tentunya untuk mengerjakan soal kimia diperlukan latihan terus menerus supaya paham apa yang ditanyakan dalam soal.

Buatlah Jembatan Keledai

Dalam menyelesaikan soal kimia, dengan banyaknya hafalan. Maka bisa dilakukan dengan membuat jembatan keledai. Fungsinya apa ? Supaya kita dapat memahami materi tersebut, dan jika mengaplikasikan dalam menjawab soal kimia tidak bingung.

Nah itu tadi kiat sukses dalam mengerjakan soal-soal kimia. Menghafal rumus saja tidak cukup, tapi perlu diaplikasikan dengan mengerjakan soal-soal latihan. Mengerjakan soal-soal latihan akan membuat otak kita terlatih untuk mengingat dan terbiasa dengan hal-hal tersebut, sehingga jika menemukan permasalahan tersebut akan mudah dalam menyelesaikannya.

Sekian dulu trik dan tipsnya ya. Tunggu selalu artikel kami mengenai trik dan tips belajar supaya lebih paham dan menyenangkan.


Penulis : Sarisawati Intishar, S.Pd

Editor : Nur Chalifatul Jannah

----

Follow kami untuk dapatkan informasi dan konten-konten pendidikan yang menarik:
Instagram: @duniasausan
Facebook : Dunia Sausan
YouTube : Dunia Sausan
Website : www.duniasausan.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar